Dalam dunia islam, baik dari sunni mapun syiah, di arab maupun di luar arab, bertarikat
ataupun tidak, dikenal dengan adanya golongan-golongan yang mengaku sebagai ahlul bayt, atau sebagai keturunan nabi. Dengan berbagai silsilah yang dinyatakan sebagai yang paling valid atau benar, mereka banyak yang diagung-agungkan oleh ummat. Dalam sejarah Hejaz, keturunan nabi ini hingga abad ke-20 memegang peranan penting dalam pemerintahan arab bahkan setelah keruntuhan Turki. Semenjak masa-masa sebelumnya mereka ini mendapat tempat khusus dimata penduduk Hejaz. Mereka dibaiat menjadi penguasa dan imam serta pelindung tanah suci,

Dalam tatanan Hejaz, mereka diberikan sebutan Syarif untuk laki-laki dan Syarifah untuk perempuan. Sedangkan diluar Hejaz, dari beberapa golongan ada yang memberikan title Sayyid dan Sayyidah, atau juga dengan sebutan Habaib, dan lain sebagainya untuk memberikan satu tanda bahwa mereka yang diberikan titlr ini dianggap masih memiliki kaitan darah dengan nabi Muhammad saw.
Rabithah Alawiyah :: dalam artikel onlinenya, menyatakan bahwa menurut Sayyid Muhammad Ahmad al-Syatri dalam bukunya Sirah al-Salaf Min Bani Alawi al-Husainiyyin, para salaf kaum ‘Alawi di Hadramaut dibagi menjadi empat tahap yang masing-masing tahap mempunyai gelar tersendiri. Gelar yang diberikan oleh masyarakat Hadramaut kepada tokoh-tokoh besar Alawiyin ialah :
IMAM (dari abad III H sampai abad VII H). Tahap ini ditandai perjuangan keras Ahmad al-Muhajir dan keluarganya untuk menghadapi kaum khariji. Menjelang akhir abad 12 keturunan Ahmad al-Muhajir tinggal beberapa orang saja. Pada tahap ini tokoh-tokohnya adalah Imam Ahmad al-Muhajir, Imam Ubaidillah, Imam Alwi bin Ubaidillah, Bashri, Jadid, Imam Salim bin Bashri.
SYAIKH (dari abad VII H sampai abad XI H). Tahapan ini dimulai dengan munculnya Muhammad al-Faqih al-Muqaddam yang ditandai dengan berkembangnya tasawuf, bidang perekonomian dan mulai berkembangnya jumlah keturunan al-Muhajir. Pada masa ini terdapat beberapa tokoh besar seperti Muhammad al-Faqih al-Muqaddam sendiri. Ia lahir, dibesarkan dan wafat di Tarim.
HABIB (dari pertengahan abad XI sampai abad XIV). Tahap ini ditandai dengan mulai membanjirnya hijrah kaum ‘Alawi keluar Hadramaut. Dan di antara mereka ada yang mendirikan kerajaan atau kesultanan yang peninggalannya masih dapat disaksikan hingga kini, di antaranya kerajaan Alaydrus di Surrat (India), kesultanan al-Qadri di kepulauan Komoro dan Pontianak, al-Syahab di Siak dan Bafaqih di Filipina. Tokoh utama ‘Alawi masa ini adalah Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad yang mempunyai daya pikir, daya ingat dan kemampuan menghafalnya yang luar biasa, juga terdapat Habib Abdurahman bin Abdullah Bilfaqih, Habib Muhsin bin Alwi al-Saqqaf, Habib Husain bin syaikh Abu Bakar bin Salim, Habib Hasan bin Soleh al-Bahar, Habib Ahmad bin Zein al-Habsyi.
SAYYID (mulai dari awal abad XIV ). Tahap ini ditandai kemunduran kecermelangan kaum ‘Alawi. Di antara para tokoh tahap ini ialah Imam Ali bin Muhammad al-Habsyi, Imam Ahmad bin Hasan al-Attas, Allamah Abu Bakar bin Abdurahman Syahab, Habib Muhammad bin Thahir al-Haddad, Habib Husain bin Hamid al-Muhdhar. Sejarawan Hadramaut Muhammad Bamuthrif mengatakan bahwa Alawiyin atau qabilah Ba’alawi dianggap qabilah yang terbesar jumlahnya di Hadramaut dan yang paling banyak hijrah ke Asia dan Afrika. Qabilah Alawiyin di Hadramaut dianggap orang Yaman karena mereka tidak berkumpul kecuali di Yaman dan sebelumnya tidak terkenal di luar Yaman.
Jauh sebelum itu, yaitu pada abad-abad pertama hijriah julukan Alawi digunakan oleh setiap orang yang bernasab kepada Imam Ali bin Abi Thalib, baik nasab atau keturunan dalam arti yang sesungguhnya maupun dalam arti persahabatan akrab. Kemudian sebutan itu (Alawi) hanya khusus berlaku bagi anak cucu keturunan Imam al-Hasan dan Imam al-Husein. Dalam perjalanan waktu berabad-abad akhirnya sebutan Alawi hanya berlaku bagi anak cucu keturunan Imam Alwi bin Ubaidillah. Alwi adalah anak pertama dari cucu-cucu Imam Ahmad bin Isa yang lahir di Hadramaut. Keturunan Ahmad bin Isa yang menetap di Hadramaut ini dinamakan Alawiyin diambil dari nama cucu beliau Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad bin Isa yang dimakamkan di kota Sumul.
Kaum Arab, terutama yang beragama islam telah sejak berabad lamanya m
elakukan perniagaan dengan berbagai negara didunia, yang selanjutnya menciptakan jalur-jalur perdagangan dan komunitas-komunitas Arab baru diberbagai negara. Dalam berbagai sejarah dinyatakan bahwa kaum Arab yang datang ke Indonesia merupakan koloni Arab dari daerah sekitar Yaman dan Persia. Namun, yang dinyatakan berperan paling penting dan ini diperlihatkan dengan jenis madhab yang ada di Indonesia, dimungkinkan adalah dari Hadramaut. Dan orang-orang Hadramaut ini diperkirakan telah sampai ke Indonesia semenjak abad pertengahan (abad ke-13) sesudah adanya huru-hara di Baghdad.
IMAM (dari abad III H sampai abad VII H). Tahap ini ditandai perjuangan keras Ahmad al-Muhajir dan keluarganya untuk menghadapi kaum khariji. Menjelang akhir abad 12 keturunan Ahmad al-Muhajir tinggal beberapa orang saja. Pada tahap ini tokoh-tokohnya adalah Imam Ahmad al-Muhajir, Imam Ubaidillah, Imam Alwi bin Ubaidillah, Bashri, Jadid, Imam Salim bin Bashri.
SYAIKH (dari abad VII H sampai abad XI H). Tahapan ini dimulai dengan munculnya Muhammad al-Faqih al-Muqaddam yang ditandai dengan berkembangnya tasawuf, bidang perekonomian dan mulai berkembangnya jumlah keturunan al-Muhajir. Pada masa ini terdapat beberapa tokoh besar seperti Muhammad al-Faqih al-Muqaddam sendiri. Ia lahir, dibesarkan dan wafat di Tarim.
HABIB (dari pertengahan abad XI sampai abad XIV). Tahap ini ditandai dengan mulai membanjirnya hijrah kaum ‘Alawi keluar Hadramaut. Dan di antara mereka ada yang mendirikan kerajaan atau kesultanan yang peninggalannya masih dapat disaksikan hingga kini, di antaranya kerajaan Alaydrus di Surrat (India), kesultanan al-Qadri di kepulauan Komoro dan Pontianak, al-Syahab di Siak dan Bafaqih di Filipina. Tokoh utama ‘Alawi masa ini adalah Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad yang mempunyai daya pikir, daya ingat dan kemampuan menghafalnya yang luar biasa, juga terdapat Habib Abdurahman bin Abdullah Bilfaqih, Habib Muhsin bin Alwi al-Saqqaf, Habib Husain bin syaikh Abu Bakar bin Salim, Habib Hasan bin Soleh al-Bahar, Habib Ahmad bin Zein al-Habsyi.
SAYYID (mulai dari awal abad XIV ). Tahap ini ditandai kemunduran kecermelangan kaum ‘Alawi. Di antara para tokoh tahap ini ialah Imam Ali bin Muhammad al-Habsyi, Imam Ahmad bin Hasan al-Attas, Allamah Abu Bakar bin Abdurahman Syahab, Habib Muhammad bin Thahir al-Haddad, Habib Husain bin Hamid al-Muhdhar. Sejarawan Hadramaut Muhammad Bamuthrif mengatakan bahwa Alawiyin atau qabilah Ba’alawi dianggap qabilah yang terbesar jumlahnya di Hadramaut dan yang paling banyak hijrah ke Asia dan Afrika. Qabilah Alawiyin di Hadramaut dianggap orang Yaman karena mereka tidak berkumpul kecuali di Yaman dan sebelumnya tidak terkenal di luar Yaman.
Jauh sebelum itu, yaitu pada abad-abad pertama hijriah julukan Alawi digunakan oleh setiap orang yang bernasab kepada Imam Ali bin Abi Thalib, baik nasab atau keturunan dalam arti yang sesungguhnya maupun dalam arti persahabatan akrab. Kemudian sebutan itu (Alawi) hanya khusus berlaku bagi anak cucu keturunan Imam al-Hasan dan Imam al-Husein. Dalam perjalanan waktu berabad-abad akhirnya sebutan Alawi hanya berlaku bagi anak cucu keturunan Imam Alwi bin Ubaidillah. Alwi adalah anak pertama dari cucu-cucu Imam Ahmad bin Isa yang lahir di Hadramaut. Keturunan Ahmad bin Isa yang menetap di Hadramaut ini dinamakan Alawiyin diambil dari nama cucu beliau Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad bin Isa yang dimakamkan di kota Sumul.
Kaum Arab, terutama yang beragama islam telah sejak berabad lamanya m

Secara umum, tujuan awal kedatangan mereka adalah untuk berdagang sekaligus berdakwah, dan kemudian berangsur-angsur mulai menetap dan berkeluarga dengan masyarakat setempat. Dari mereka inilah kemudian muncul banyak tokoh dakwah yang termaktub dalam team Walisongo dan banyak tokoh dakwah islam hingga masa sekarang. Walaupun masih ada pendapat lain seperti menyebut dari Samarkand (Asia Tengah), Champa atau tempat lainnya, tampaknya itu semua adalah jalur penyebaran para Mubaligh dari Hadramawt yang sebagian besarnya adalah kaum Sayyid (Syarif). Beberapa buktinya (no 1 dan 2) adalah sebagian dari yang telah dikumpulkan oleh penulis Muhammad Al Baqir dalam Thariqah Menuju Kebahagiaan:
- L.W.C Van Den Berg dalam bukunya Le Hadramawt et Les Colonies Arabes dans l’Archipel Indien (1886) mengatakan:”Adapun hasil nyata dalam penyiaran agama Islam (ke Indonesia) adalah dari orang-orang Sayyid Syarif. Dengan perantaraan mereka agama Islam tersiar diantara raja-raja Hindu di Jawa dan lainnya. Selain dari mereka ini, walaupun ada juga suku-suku lain Hadramawt (yang bukan golongan Sayyid Syarif), tetapi mereka ini tidak meninggalkan pengaruh sebesar itu. Hal ini disebabkan mereka (yakni kaum Sayyid Syarif Hadramaut) adalah keturunan dari tokoh pembawa Islam (Nabi Muhammad SAW).”
- Dalam buku yang sama hal 192-204, Van Den Berg menulis:”Pada abad XV, di Jawa sudah terdapat penduduk bangsa Arab atau keturunannya, yaitu sesudah masa kerajaan Majapahit yang kuat itu. Orang-orang Arab bercampul-gaul dengan penduduk, dan sebagian mereka mempuyai jabatan-jabatan tinggi. Mereka terikat dengan pergaulan dan kekeluargaan tingkat atasan. Rupanya pembesar-pembesar Hindu di kepulauan Hindia telah terpengaruh oleh sifat-sifat keahlian Arab, oleh karena sebagian besar mereka berketurunan pendiri Islam (Nabi Muhammad SAW). Orang-orang Arab Hadramawt membawa kepada orang-orang Hindu pikiran baru yang diteruskan oleh peranakan-peranakan Arab mengikuti jejak nenek moyangnya." Perhatikanlah tulisan Van Den Berg ini yang spesifik menyebut abad XV, yang merupakan abad spesifik kedatangan dan / atau kelahiran sebagian besar Wali Songo di pulau Jawa. Abad XV ini jauh lebih awal dari abad XVIII yang merupakan kedatangan kaum Hadramawt gelombang berikutnya yaitu mereka yang sekarang kita kenal bermarga Assegaf, Al Habsyi, Al Hadad, Alaydrus, Alatas, Al Jufri, Syihab, Syahab dan banyak marga hadramawt lainnya.
- Hingga saat ini Umat Islam di Hadramawt bermadzhab Syafi’ie sama seperti mayoritas di Ceylon, pesisir India Barat (Gujarat dan Malabar), Malaysia dan Indonesia. Sedangkan Uzbekistan dan seluruh Asia Tengah, kemudian Pakistan dan India pedalaman (non-pesisir) mayoritasnya bermadzhab Hanafi.
- Bahasa para pedagang Muslim yang datang ke Asia Tenggara (utamanya Malaka dan Nusantara) dinamakan bahasa Malay (Melayu) karena para pedagang dan Mubaligh yang datang di abad 14-15 sebagian besar datang dari pesisir India Barat yaitu Gujarat dan Malabar, yang mana orang-orang Malabar (sekarang termasuk neg. bagian Kerala) mempunyai bahasa Malayalam, walaupun asal-usul mereka adalah keturunan dari Hadramawt mengingat kesamaan madzhab Syafi’ie yang sangat spesifik dengan pengamalan tasawuf dan penghormatan kepada Ahlul Bait. Satu kitab fiqh mazhab Syafi’ie yang sangat popular di Indonesia Fathul Muin pengarangnya bahkan Zainuddin Al Malabary (berasal dari tanah Malabar), satu kitab fiqh yang sangat unik karena juga memasukkan pendapat kaum Sufi, bukan hanya pendapat kaum Fuqaha.
- Satu bukti yang sangat akurat adalah kesamaan Madzhab Syafi'ie dengan corak tasawuf dan pengutamaan Ahlul Bait yang sangat kental seperti kewajiban mengadakan Mawlid, membaca Diba & Barzanji, membaca beragam Sholawat Nabi, membaca doa Nur Nubuwwah (yang juga berisi doa keutamaan tentang cucu Rasul, Hasan dan Husayn) dan banyak amalan lainnya hanya terdapat di Hadramawt, Mesir, Gujarat, Malabar, Ceylon, Sulu & Mindanao, Malaysia dan Indonesia. Pengecualian mungkin hanya terhadap kaum Kurdistan di segitiga perbatasan Iraq, Turki dan Iran, yang mana mereka juga bermadzhab Syafi’ie dengan corak Tasawuf yang sangat kuat dan mengutamakan ahlul bait (Kitab Mawlid Barzanji dan Manaqib Syekh Abdul Qadir Jilani adalah karya Ulama mereka Syekh Ja’far Barzanji) tapi tinggal di daerah pedalaman dan pegunungan, bukan pesisir seperti lainnya. Analisis sejarah diatas menandakan agama Islam dari madzhab dan corak ini sebagian besarnya disebarkan melalui jalur pelayaran dan perdagangan dan berasal dari satu sumber yaitu Hadramawt, karena Hadramawt adalah sumber pertama dalam sejarah Islam yang menggabungkan fiqh Syafi'ie dengan pengamalan tasawuf dan pengutamaan ahlul bait.
- Di abad 15 Raja-raja Jawa (yang berkerabat dengan Walisongo) seperti Raden Patah dan Pati Unus sama-sama menggunakan gelar Alam Akbar, yang mana di abad 14 di Gujarat sudah dikenal keluarga besar Jamaluddin Akbar cucu keluarga besar Datuk Azhimat Khan (Abdullah Khan) putra Abdul Malik putra Alwi putra Muhammad Shahib Mirbath Ulama besar Hadramawt Abad 13M. Keluarga besar ini sudah sangat terkenal sebagai Mubaligh Musafir yang berdakwah jauh hingga pelosok Asia Tenggara dan mempunyai putra-putra dan cucu-cucu yang banyak menggunakan nama Akbar, seperti Zainal Akbar, Ibrahim Akbar, Ali Akbar, Nuralam Akbar dan banyak lainnya.
Keturunan Arab Hadramawt di Indonesia, seperti negara asalnya Yaman, terdiri 2 kelompok besar yaitu kelompok Alawi (Sayyidi) keturunan Rasul SAW (terutama melalui jalur Husayn bin Ali) dan Qabili yaitu kelompok diluar kaum Sayyid.
Nama-nama marga/keluarga keturunan Arab Hadramaut dan Arab lainnya yang terdapat di Indonesia, yang paling banyak diantaranya adalah:
- Abud (Qabil) - AbdulAzis (Qabil) - Addibani (Qabil) - Afiff - Alatas (Sayyid) - Alaydrus (Sayyid) - Albar (Sayyid) - Algadrie (Sayyid) - Alhabsyi (Sayyid) - AlHamid - AlHadar - AlHadad (Sayyid) - AlJufri (Sayyid) - Alkatiri (Qabil) - Assegaff (Sayyid) - Attamimi -AlMuhazir
- Ba'asyir (Qabil) - Baaqil (Sayyid) - Bachrak (Qabil) - Badjubier (Qabil) - Bafadhal - Bahasuan (Qabil) - Baraja (Syekh) - Basyaib (Qabil) - Basyeiban (Sayyid) - Baswedan (Qabil) - Baridwan - Bawazier (Sayyid) - BinSechbubakar (Sayyid)
- Haneman
- Jamalullail (Sayyid)
- Kawileh (Qabil)
- Maula Dawileh (Sayyid) - Maula Heleh/Maula Helah (Sayyid)
- Nahdi (Qabil)
- Shahab (Sayyid) - Shihab (Sayyid) - Sungkar (Qabil)
- Thalib
- Bahafdullah (Qabil)
Nama-nama marga/keluarga keturunan Arab Hadramaut dan Arab lainnya yang terdapat di Indonesia:
1 Al Baar | 21 Al Aidid | 41 Bin Hud | |||
2 Al Jufri | 22 Al Fad’aq | 42 Ba’dokh | |||
3 Al Jamalullail | 23 Al Ba Faraj | 43 Alhasni | |||
4 Al Junaid | 24 Ba Faqih | 44 Barakwan | |||
5 Al Bin Jindan | 25 Al Bal Faqih | 45 Al Mahdali | |||
6 Al Jailani | 26 Al Qadri | 46 Al Hinduan | |||
7 Al Hamid | 27 Al- Kaff | 47 Al Baiti | |||
8 Al Hadad | 28 Al- Muhdhar | 48 Bin Syuaib | |||
9 Al Kherid | 29 Al Musawa | 49 Basyaiban | |||
10 Al Maula Khailah | 30 Al Mutahhar | ||||
11 Al Maula Dawilah | 31 Al Munawwar | ||||
12 Al Ba Raqbah | 32 Al Hadi | ||||
13 Al Assegaf | 33 Al Ba Harun | ||||
14 Al Bin Semit | 34 Al Hasyim | ||||
15 Al Bin Sahal | 35 Al Haddar | ||||
16 Al Syihabuddin | 36 Al Bin Yahya | ||||
17 Al As- Safi | 37 Bin Syekh Abubakar | ||||
18 Al Ba Abud | 38 Bin Thahir | ||||
19 Al Ba Aqil | 39 Bin Shihab | ||||
20 Al Idrus | 40 Bin Hafidz | ||||
1 Abbad | 41 Assa’di | 81 Bakarman | 121 Ba Sya’ib | 161 Bin Hilabi | 201 Bin Syirman |
2 Abudan | 42 Asy Syarfi | 82 Baktir | 122 Basyarahil | 162 Bin Humam | 202 Bin Tahar |
3 Aglag | 43 Attamimi | 83 Baladraf | 123 Batarfi | 163 Bin Huwel | 203 Bin Ta’lab |
4 Al Abd Baqi | 44 Attuwi | 84 Bal Afif | 124 Ba Tebah | 164 Bin Ibadi | 204 Bin Tebe |
5 Al Ali Al Hajj | 45 Azzagladi | 85 Balahjam | 125 Bathog | 165 Bin Isa | 205 Bin Tsabit |
6 Al Amri | 46 Ba Abdullah | 86 Balasga | 126 Ba’Tuk | 166 Bin Jaidi | 206 Bin Ulus |
7 Al Amudi | 47 Ba’asyir | 87 Balaswad | 127 Ba Syaiban | 167 Bin Jobah | 207 Bin Usman |
8 Al As | 48 Ba Attiiyah | 88 Balfas | 128 Baweel | 168 Bin Juber | 208 Bin Wizer |
9 Al Bagdadi | 49 Ba Awath | 89 Baljun | 129 Bayahayya | 169 Bin Kartam | 209 Bin Zaidi |
10 Al Bakri | 50 Ba Atwa | 90 Balweel | 130 Bayasut | 170 Bin Kartim | 210 Bin Zaidan |
11 Al Barak | 51 Babadan | 91 Bamakundu | 131 Bazandokh | 171 Bin Keleb | 211 Bin Zimah |
12 Al Barhim | 52 Babten | 92 Bamasri | 132 Bazargan | 172 Bin Khalifa | 212 Bin Zoo |
13 Al Batati | 53 Badegel | 93 Bamatraf | 133 Ba Zouw | 173 Bin Khamis | 213 Bajrei |
14 Al Bawahab | 54 Ba Dekuk | 94 Bamatrus | 134 Bazeid | 174 Bin Kuwer | 214 Bukra |
15 Al Bargi | 55 Ba’ Dib | 95 Bamazro | 135 Bin Abdat | 175 Bin Mahri | 215 Gahedan |
16 Al Bukkar | 56 Bafadal | 96 Bamu’min | 136 Bin Abd Aziz | 176 Bin Makki | 216 Haidrah |
17 Al Falugah | 57 Bafana | 97 Bana'mah | 137 BinAbdsamad | 177 Bin Maretan | 217 Hamde |
18 Al Gadri | 58 Bagarib | 98 Banafe | 138 Bin Abri | 178 Bin Marta | 218 Harhara |
19 Al Hadi | 59 Bagaramah | 99 Banser | 139 Bin Addar | 179 Bin Mattasy | 219 Hubeisy |
20 Al Halagi | 60 Bagges | 100 Baraba | 140 Bin Afif | 180 Bin Makhfudz | 220 Jawas |
21 Al Hilabi | 61 Bagoats | 101 Baraja | 141 Bin Ajaz | 181 Bin Mazham | 221 Jibran |
22 Al Jabri | 62 Ba | 102 Barasy | 142 Bin Amri | 182 Bin Muhammad | 222 Karamah |
23 Al Kalali | 63 Bahalwan | 103 Barawas | 143 Bin Amrun | 183 Bin Munif | 223 Kurbi |
24 Al Kalilah | 64 Baharmus | 104 Bareyek | 144 Bin Anus | 184 Bin Mutahar | 224 Magadh |
25 Al Katiri | 65 Bahanan | 105 Baridwan | 145 Bin Bisir | 185 Bin Mutliq | 225 Makarim |
26 Al Khamis | 66 Bahrok | 106 Baruk | 146 Bin Bugri | 186 Bin Nahdi | 226 Marfadi |
27 Al Khatib | 67 Bajruk | 107 Basalamah | 147 Bin Dawil | 187 Bin Nahed | 227 Mashabi |
28 Al Matrif | 68 Baksir | 108 Basalmah | 148 Bin Diab | 188 Bin Nub | 228 Mugezeh |
29 AlMathori | 69 Baktal | 109 Basalim | 149 Bin Faris | 189 Bin On | 229 Munabari |
30 AlMukarom | 70 Banaemun | 110 Ba Sendit | 150 Bin Gannas | 190 Bin Qarmus | 230 Nabhan |
31 Al Qaiti | 71 Baharthah | 111 Basgefan | 151 Bin Gasir | 191 Bin Said | 231 Sallum |
32 Al Qannas | 72 Bahfen | 112 Bashay | 152 Bin Ghanim | 192 Bin Sadi | 232 Shahabi |
33 Al Rubaki | 73 Bahmid | 113 Ba’sin | 153 Bin Ghozi | 193 Bin Sanad | 233 Shobun |
34 Al Waini | 74 Bahroh | 114 Ba Siul | 154 Bin Gozan | 194 Bin Seger | 234 Syawik |
35 Al Yamani | 75 Bahsen | 115 Basmeleh | 155 Bin Guddeh | 195 Bin Seif | 235 Ugbah |
36 Ambadar | 76 Bahweres | 116 Basofi | 156 Bin Guriyyib | 196 Bin Sungkar | 236 Ummayyer |
37 Arfan | 77 Baisa | 117 Basumbul | 157 Bin Hadzir | 197 Bin Syahbal | 237 Za’bal |
38 Argubi | 78 Bajabir | 118 Baswedan | 158 Bin Halabi | 198 Bin Syaiban | 238 Zarhum |
39 Assaili | 79 Bajened | 119 Baswel | 159 Bin Hamid | 199 Bin Syamil | 239 Zubaidi |
40 Askar | 80 Bajerei | 120 Baswer | 160 Bin Hana | 200 Bin Syamlan | 240 |
Inilah kiranya ringkasan sejarah penyebaran kaum arab di dunia, terutama di Indonesia. Termasuk juga klasifikasi bebeapa gelar dari keturunan nabi yang dipakai oleh beberapa golongan, serta data beberapa ratus marga arab yang ada di Indonesia.
Apabila ada kesalahan dan kekurangan, dimohon adanya koreksi dan informasi masukan tambahan dari para pembaca, sehingga wacana ini semakin valid dan komplit. Silahkan dianalisis secara objektif dan mendalam, semoga berguna. Amin. Terimakasih.
25 Maret 2011 pukul 22.30
di pontianak, manado, gorontalo juga ada marga Arab yang bernama bin Syaus ...